Marketing.co.id- Bisnis
online yang sukses dimulai dengan menggunakan strategi bisnis yang
paling efektif, dan meminimalkan mareka yang tidak efektif dan
membuang-buang uang. Berikut adalah 15 kesalahan umum pemasaran online
yang perlu Anda hindari:
Mentalitas “Jika Anda membangun, mereka akan datang”
Hanya karena Anda membuat sebuah situs
web bukan berarti uang akan mulai mengalir masuk. Langkah pertama yang
harus Anda lakukan adalah bekerja keras untuk membangun lalu lintas,
menarik pengunjung, dan mengkonversi pengunjung tersebut menjadi
penjualan.
Tidak memperlakukan website sebagai sebuah bisnis.
Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan
melalui website, Anda harus mengoperasikannya sebagai sebuah bisnis.
Anda harus memiliki model bisnis, cara di mana Anda bisa mendapatkan
uang.
Sekarang Anda harus mulai berpikir apa
yang pelanggan inginkan, dan apa yang dapat anda lakukan untuk membuat
mereka kembali lagi dan lagi ke website anda.
Tidak mau berinteraksi sosial
Jika Anda tidak menggunakan media sosial
seperti Facebook dan Twitter, Anda mungkin akan kehilangan potensi untuk
berinteraksi, terllibat, dan menarik pelanggan. Ada jutaan orang di
Facebook, Twitter, YouTube, dan situs jejaring sosial lainnya. Mereka
berbagi, dan membicarakan produk dan jasa favorit mereka.
Memang, menggunakan media sosial dengan
efektif tidaklah mudah. Tapi jika Anda melakukannya dengan benar, Anda
dapat meningkatkan kesadaran dari bisnis Anda, meningkatkan wawasan Anda
tentang apa yang diinginkan pasar, lebih memahami persepsi pelanggan
Anda, dan mungkin bahkan meningkatkan bisnis baru Anda secara GRATIS.
Gagal untuk melacak dan mengukur kinerja
Waktu dan uang sangatlah berharga. Anda
harus tahu mana yang berhasil dan mana yang tidak. Ketika Anda membuat
sebuah keputusan tentang kampanye pasaran dan kinerja situs Anda,
pastikan Anda melacaknya.
Salah mengartikan hasil lalu lintas (traffic)
Traffic atau Lalu lintas bukan
hanya tentang angka. Anda perlu mencari orang-orang yang tertarik pada
apa yang anda tawarkan. Anda dapat memiliki jutaan pengunjung, tetapi
jika mereka bukan tipe orang yang cenderung tertarik pada produk yang
Anda jual atau konten yang Anda tawarkan, maka jumlah itu hanya sia-sia.
Menempatkan semuanya dalam satu wadah
Web adalah media yang cepat berubah. Apa
yang bekerja hari ini mungkin tidak akan bekerja besok. Hal ini penting
agar Anda melindungi kontrak Anda dan melakukan diversifikasi.
Diversifikasi sangat penting di web.
Pelanggan kesulitan menghubungi anda
Salah satu hal terburuk yang dapat anda
lakukan di internet adalah menjadi tidak responsif dan tidak tersedia
untuk pelanggan yang mencoba menghubungi anda. Pastikan kontak anda
terlihat pada website. Kemudian cobalah untuk merespon email dan
pertanyaan dari pengunjung secepat yang Anda bisa.
Tidak mau belajar
Jika anda ingin bertahan hidup, anda
harus mengikuti perubahan. Kunjungi forum, ikuti para pakar di Twitter,
dan membaca majalah industri Anda.
Tidak menanggapi pertanyaan dan email dari pelanggan
Salah satu kekecewaan dari pengguna
online adalah ketika mereka tidak menerima respon dari website yang
telah mereka hubungi. Pelanggan ingin mencari bisnis yang akan
memperlakukan mereka begitu penting, dengan demikian, luangkanlah waktu
untuk menjawab pertanyaan atau masalah.
Tidak memiliki situs web professional.
Website anda adalah wajah dari bisnis
anda. buatlah website yang terlihat professional. Periksa ejaan konten
anda, dan rutin mengunjungi halanam anda untuk memastikan apakah ada
halaman yang hilang, atau link yang tidak bekerja.
Membuat situs yang tidak user friendly
Buatlah web Anda semudah mungkin bagi
pengguna untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Jangan berasumsi
bahwa hanya karena Anda tahu dimana Anda meletakkan sesuatunya,
pengunjung Anda akan dengan mudah menemukannya juga. Buatlah navigasi
langsung dan mudah bagi pengguna.
Tidak tahu kapan harus meminta bantuan
Menjalankan bisnis online yang sukses
membutuhkan banyak pekerjaan dan usaha. Mulai dari menulis konten untuk
pemasaran situs anda. Terkadang pekerjaannya membutuhkan banyak keahlian
dan kadang-kadang anda tidak menguasainya. Tahu kapan anda membutuhkan
bantuan dan pertimbangkan orang lain sehingga anda dapat tetap fokus
pada yang Anda lakukan dengan baik.
Tidak memantau pesaing anda
Pesaing anda dapat memberikan banyak
pelajaran yang sangat berharga. Jadi, jangan abaikan pesaing anda.
Sebaliknya, pelajari dan lihat apa yang mereka lakukan. Misalnya
bagaimana mereka menggunakan media sosial, media pemasaran apa yang
mereka gunakan, bagaimana mereka mempresentasikan produk mereka, dan
bagaimana mereka memberikan layanan pelanggan. Kemudian cobalah untuk
membuat yang lebih baik atau memperbaiki apa yang mereka lakukan.
Mengambil jalan pintas menuju sukses
Agar konten anda berada di atas mesin
pencari, anda mungkin bersedia untuk mengambil jalan pintas atau membeli
link. Mengambil jalan pintas saat ini dapat berisiko bagi bisnis Anda
dan mendatangkan murka mesin pencari di masa depan.
0 komentar:
Posting Komentar